Jumat, 18 Januari 2013

Gejala gagal ginjal akut dan kronis

Gagal ginjal terdiri dari dua type : gagal ginjal akut ( acute renal failure = arf ), serta gagal ginjal kritis ( chronic renal failure = crf ).

layaknya namanya, arf berlangsung dengan tiba-tiba sesaat crf berlangsung didalam durasi atau periode waktu lama.

gagal ginjal akut dan kronik berlangsung dikarenakan pemicu yang tidak sama, namun perawatan untuk keduanya realtif sama.Gejala gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis berbeda.

penyembuhan gagal ginjal biasanya meliputi dialisis ( bersihkan darah ) serta transplantasi ginjal.

gagal ginjal akut

pemicu arf atau gagal ginjal akut meliputi :

o menyusutnya aliran darah ke ginjal akibat trauma atau operasi

o perdarahan berat

o septic shock

o dehidrasi akut

o luka bakar

o infeksi
whorush : 3 sites by this adsense id

o nekrosis tubular akut

penyakit autoimun spesifik serta pembekuan pembuluh darah ginjal dapat mengakibatkan penyumbatan serta mengakibatkan gagal ginjal akut.

situasi lain layaknya skleroderma, reaksi transfusi, perdarahan sepanjang kehamilan, tekanan darah tinggi ( hipertensi ) kronis bisa juga mengakibatkan gagal ginjal.

tanda-tanda klinis dapat meliputi produksi urin yang menyusut, edema kaki serta pergelangan kaki, akumulasi cairan didalam tubuh, menyusutnya kepekaan sensorik di tangan serta kaki, masalah mental, mual, muntah, serta tekanan darah tinggi.

gagal ginjal kronis

gagal ginjal kritis berkembang didalam periode waktu yang panjang sampai bertahun-tahun. umumnya tanda-tanda baru nampak saat manfaat ginjal tinggal 10 % atau kurang dari normal.

tanda-tanda gagal ginjal kritis nyaris sama juga dengan gagal ginjal akut. diabetes serta hipertensi jadi pemicu utama gagal ginjal kritis dengan menyumbang lebih kurang 65 % dari keseluruhan masalah.

tetapi gagal ginjal kritis juga bisa berlangsung akibat penyakit lain layaknya glomerulonefritis, ginjal polikistik, atau penyakit lain dimana ada penyumbatan di ginjal.

infeksi pada ginjal serta batu ginjal juga bisa mengakibatkan gagal ginjal kritis.

sinyal gagal ginjal kritis dapat meliputi mual, penurunan berat badan, muntah, cegukan, sakit kepala, gatal, serta kelelahan. gejala-gejala gagal ginjal akut juga bisa berlangsung pada type kritis.

pada gagal ginjal akut ataupun kritis dapat berlangsung akumulasi limbah nitrogen serta limbah yang lain didalam tubuh hingga mengakibatkan akumulasi cairan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...