Jumat, 18 Januari 2013

Pantangan makanan penderita gagal ginjal

Perlu dipahami kembali, bahwa ada sayur serta buah yang punya potensi jadi parah situasi kesehatan pasien gagal ginjal. oleh dikarenakan itu, pasien gagal ginjal mesti betul-betul tahu kandungan buah serta sayur yang mereka mengonsumsi.

untuk menolong beberapa pasien gagal ginjal saat mempercepat pengobatan penyakitnya tersebut “gagal ginjal”, ada sebagian pantangan makanan gagal ginjal yang konsumsinya mesti dikurangi, apalagi tidak bisa lagi untuk di mengonsumsi, tersebut disini sebagian pantangan makanan gagal ginjal yang butuh dihindari :

makanan yang bersumber karbohidrat tinggi layaknya : nasi, jagung, kentang, makaroni, pasta, hevermout, ubi.
protein hewani, layaknya : daging kambing, ayam, ikan, hati, keju, udang, telur.
sayuran serta buah-buahan tinggi kalium, layaknya : apel, alpukat, jeruk, pisang, pepaya serta daun pepaya, seledri, kembang kol, peterseli, buncis.

“penderita gagal ginjal baiknya kurangi mengonsumsi buah-buahan dikarenakan beberapa buah-buahan berkadar kalium ( potassium ) tinggi, ” tutur dokter dian novita chandra, m. gizi, staf departemen pengetahuan gizi fakultas kedokteran kampus indonesia pada warta kota belum lama mi.

kandungan kalium yang tinggi

kandungan kalium yang amat tinggi ( hiperkalemia ) bisa mengakibatkan irama jantung terganggu. pasien mesti dapat membatasi jumlah mengonsumsi buah tiap-tiap harinya. contohnya buah apel, pasien ginjal cuma dapat konsumsi setengahnya saja. tetapi yang juga mesti diingat, bila situasi pasien ginjal telah tidak dapat lagi berkermh, maka baiknya hentikan mengonsumsi buah serta sayur sampai lancar berkemih.

sesaat itu, untuk pasien yang belum melakukan bersihkan darah. disarankan untuk lakukan diet rendah protein 40-45 gram/hari. perihal ini pastinya bergantung manfaat ginjal pasien yang bisa diketahui dengan kontrol laboratorium. bila manfaat ginjal kurang dari 15 %, maka pertu lakukan bersihkan darah.

lain lagi pada pasien gagal ginjal yang telah lama dengan kata lain menahun atau kritis. pasien gagal ginjal kritis mesti melakukan diet ketat dengan sebagian tujuan yakni untuk mengatur keseimbangan cairan serta elektrolit didalam tubuh serta untuk melindungi supaya pasien bisa melakukan aktivitas layaknya orang normal.

prinsip diet pasien gagal ginjal kronis

diet lunak atau biasa
sebagai sumber karbohidrat : gula pasir, selai, sirup, serta permen.
cukup daya serta rendah protein
sebagai sumber protein, diprioritaskan protein hewani, contohnya : susu, sapi, daging, serta ikan. banyaknya cocok dengan kegagalan manfaat ginjal pasien.
sebagai sumber lemak, diprioritaskan lemak tidak jemu, dengan keperluan lebih kurang 25 % dari keseluruhan daya yang dibutuhkan.
untuk keperluan air, disarankan cocok dengan jumlah urine 24 jam ; lebih kurang 500 mililiter melewati minuman serta makanan.
untuk keperluan kalium serta natrium dengan situasi pasien.
untuk keperluan kalori, lebih kurang 35 kkal/kg berat badan/hari.
membatasi konsumsi garam dapur bila ada hipertensi( darah tinggi ) atau edema ( bengkak ).
disarankan juga konsumsi agar-agar dikarenakan tak hanya memiliki kandungan sumber daya juga memiliki kandungan serat yang larut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...