Rabu, 06 Maret 2013

Kencing batu penyakit batu ginjal urolithiasis

Definisi perihal kencing batu ginjal urolithiasis yaitu satu berlangsungnya penumpukan oksalat, calculi ( batu ginjal ) pada ureter atau pada tempat ginjal. tanda-tanda rasa sakit yang terlalu berlebih pada pinggang, nausea, muntah, demam, hematuria. semakin banyak berlangsung pada lelaki dibanging wanita dengan perbandingan 3 :1 didalam umur 30-60 th.. urine berwarna keruh layaknya teh atau merah.

Vesikolithiasis ( batu kandung kemih ) yaitu terdapatnya batu di kandung kemih. vesikolithiasis merujuk pada ada batu/kalkuli didalam vesika urinaria. batu dibentuk didalam saluran perkemihan ( vesika urinaria ) saat kepekatan urine pada substansi, yakni kalsium oksalat, kalsium fosfat, asam urat alami peningkatan. batu perkemihan ( urolithiasis ) bisa timbul pada beragam tingkat dari sistem perkemihan ( ginjal, ureter, kandung kemih ), namun yang sangat kerap ditemukan didalam ginjal ( nephrollihiasis ). kurang lebih satu pertiga dari individu yang menderita pada saluran kemih atas dapat alami pengangkatan ginjal yang dijangkiti.

B. etiologi teori pembentukan batu :

1 ). teori inti ( nukleus ) : kristal serta benda asing adalah area pengendapan kristal pada urin yang telah alami supersaturasi.
2 ) teori matrik matrik organik yang datang dari serum atau protein-protein urin berikan kemungkinan pengendapan kristal.
3 ) teori inhibitor kristalisasi : sebagian substansi didalam urin menghalangi berlangsungnya kristalisasi, konsentrasi yang absennya ini sangat mungkin berlangsungnya kristalisasi. nyaris dari setengahnya masalah batu pada perkemihan yaitu idiopatik. air minum memperbanyak diuresis dengan langkah banyak minum dapat kurangi kemungkinan terbentuknya batu, namun apabila kurang air minum mengakibatkan kandungan seluruh substansi didalam urin dapat meningkat serta dapat mempermudah pembentukan batu. kejenuhan air cocok dengan kandungan mineralnya terlebih kalsium diperkirakan merubah terbentuknya batu saluran kencing.

­pekerjaan pekerja-pekerja keras yang banyak bergerak layaknya buruh serta petani dapat kurangi kemungkinan berlangsungnya batu saluran kemih apabila dibanding dengan pekerja yang banyak duduk. ­ makanan penduduk yang banyak mengkonsumsi protein hewani angka morbiditas batu saluran kencing menyusut, namun pada penduduk dengan situasi sosial ekonomi rendah seringkali berlangsung. masyarakat vegetarian yang kurang makan putih telur kerap menderita batu saluran kemih ( vesika urinaria dab uretra ). ­ suhu area yang bersuhu panas mengakibatkan banyak mengeluarkan keringat, dapat kurangi produksi urin serta mempermudah pembentukan batu saluran kemih.

c. patofisiologi batu didalam perkemihan datang dari obstruksi saluran kemih, obstruksi barangkali berlangsung cuma parsial atau lengkap. obstruksi yang lengkap dapat jadi hidronefrosis yang dibarengi sinyal tanda serta gejala-gejalanya. sistem patofisiologisnya karakternya mekanis. urolithiasis adalah kristalisasi dari mineral dari matriks sekitar, layaknya pus, darah, jaringan yang tidak vital, tumor atau urat. peningkatan konsentrasi larutan urin akibat intake cairan rendah serta juga peningkatan beberapa bahan organik akibat isk atau urin statis, mensajikan sarang untuk pembentukan batu.

di makin ada infeksi menambah ke basahan urin ( oleh produksi amonium ), yang menyebabkan presipitasi kalsium fosfat serta magnesium amonium fosfat. komposisi kalkulus renalis serta faktor-faktor yang mendorong yaitu : no komposisi/macam batu

faktor-faktor pendukung/penyebab

1. calcium ( oksalat serta fosfat ) hiperkalsemia hiperkasiuri dampak dari hiperparatiroidisme intoksikasi vit. d penyakit tulang yang kronis asidosis tubulus renalis intake steroid purine ph urin tinggi serta volume urine rendah
2. asam urin ( gout ) diet tinggi purine serta ph urin rendah volume urin rendah
3. cystine serta xanthine cystinuria dampak dari masalah genetika dari metabolisme asam amino serta xanthineuria mekanisme pembentukan batu ginjal atau saluran kemih tidak diketahui dengan tentu, walau demikian sebagian buku mengatakan sistem berlangsungnya batu bisa dikarenakan oleh perihal seperti berikut :

ada presipitasi garam-garam yang larut didalam air seni, di mana jika air seni jemu dapat berlangsung pengendapan.
ada inti ( nidus ). contohnya ada infeksi lantas berlangsung tukak, di mana tukak ini jadi inti pembentukan batu, sebagai area menempelnya partikel-partikel batu pada inti tersebut.
pergantian ph atau ada koloid lain didalam air seni dapat menetralkan muatan serta meyebabkan berlangsungnya pengendapan. kecepatan tumbuhnya batu bergantung pada lokasi batu, contohnya batu pada buli-buli lebih cepat tumbuhnya dibanding dengan batu pada ginjal.

disamping itu juga bergantung dari reaksi air seni, yakni batu asam dapat cepat tumbuhnya didalam urin dengan ph yang rendah. komposisi urin akan mempermudah perkembangan batu, dikarenakan ada zat-zat penyusun air seni yang relatif tidak bisa larut. perihal lain yang dapat mempercepat perkembangan batu yaitu dikarenakan ada infeksi. batu ginjal didalam jumlah spesifik tumbuh menempel pada puncak papil serta terus tinggal didalam kaliks, yang hingga ke pyelum yang lantas bisa beralih ke areal distal, terus tinggal atau menetap di area di mana saja serta berkembang jadi batu yang besar.

definisi ini perihal kencing batu ginjal urolithiasis yang lumayan beresiko pada pasien/penderita di karenakan terlampau banyak mengkonsumsi gula batu atau kandungan garam yng terlalu berlebih maka dari tu untuk anda pasien batu ginjal, di antara langkah menangani batu ginjal adalah dengan langkah mengkonsumsi obat herbal yng telah teruji oleh beberapa dokter serta beberapa pakar ekstra teripang jelly gamat gold-g

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...