Rabu, 29 Agustus 2012

Penyakit Stroke dan gejala yang menyertainya

Stroke dapat tentang bagian manapun dari otak kita, karenanya gejalanya pun bermacam macam, diawali dari yang gampang sampai yang berat terlebih ada pula yang sampai meninggal dunia.

gejala dari stroke gampang dapat tidak disadari oleh penderita. padahal serangan tersebut barangkali terjadi berapakah kali di dalam 1 hari ? bentuk gampang dari stroke ini dikenal dengan serangan otak sepintas ( transient ischaemic attack/tia ). gejala terkadang hanya berupa rasa lemah di satu sisi wajah, atau mungkin rasa kesemutan di lengan atau tungkai.
ada pula yang mengeluhkan gangguan dari manfaat bicara. tetapi, gejala stroke gampang biasanya akan kembali normal kurun waktu cepat, kurang dari satu jam. gejala stroke yang lebih berat umumnya akan mengakibatkan gejala yang lebih khas, layaknya kelumpuhan. gejala-gejala stroke salah satunya yakni sebagai berikut. kelemahan atau kelumpuhan dari bagian badan yang dipersarafi, kesulitan menelan, kesusahan bicara, gangguan menahan kemih dan kehilangan kesadaran

karena otak sisi kanan dan sisi kiri mempunyai manfaat yang berlainan, stroke pada satu sisi juga dapat berikan gambaran yang cukup khas. misalnya, kelumpuhan sisi kanan tubuh biasanya diimbangi dengan gangguan bicara, menulis dan membaca. tetapi kelumpuhan sisi kiri tubuh bisa dibarengi dengan hilangnya kesadaran akan area, terhitung kesadaran terhadap satu sisi dari tubuhnya sendiri.

sinyal tanda stroke

sering terjadi, seseorang diserang penyakit stroke tanpa menyadarinya, karena tidak tahu sinyal tanda atau gejala permulaannya. seringkali stroke juga menyerang orang-orang spesifik dan pulih sendiri, lebih dikenal jadi transient ischemic attack ( tia ), yang disebut juga stroke masih.

sejatinya, layaknya diungkapkan dr. hermawan suryadi, sp. s, dari karmel stroke center, jakarta, transient ischemic attack yakni diantara pertanda akan ada serangan stroke. banyak penderita mengaku pernah alami gejala serangan stroke dan sembuh dengan sendirinya.

sekitar 20-40 persen stroke didahului oleh tia. karena itu, jangan sampai terkecoh dan jangan sampai sekali-kali remehkan serangan tia.

dibutuhkan kewaspadaan tinggi pada orang-orang yang berisiko terkena stroke bila alami gejala-gejala di bawah ini :

• terlihat sinyal tanda kehilangan rasa atau kelemahan pada muka, bahu, atau kaki, terlebih bila hanya terjadi pada separuh tubuh.
• menjadi bingung, sulit bicara atau menangkap pembicaraan lawan bicara.
• kesulitan tengok pada sebelah mata atau keduanya.
• tiba-tiba kesulitan berjalan, menjadi pusing, dan kehilangan keseimbangan atau koordinasi.
• sakit kepala yang amat amat tanpa diketahui apa pemicunya.

bila anda memiliki tandatanda tersebut, cepatlah menghubungi dokter buat mendapat pertolongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...