Sabtu, 22 Desember 2012

Ciri-ciri penyakit Tbc

Bila kita lihat orang lain yang sakit, atau barangkali diri kita sendiri yang sakit, kita dapat dapat lihat tanda-tanda penyakit tersebut, hingga kita dapat mengambil rangkuman atau dugaan terkena penyakit spesifik. begitupun dengan penyakit tuberkulosis atau tb. apa sajakah tanda-tanda penyakit tbc itu ?
Untuk sebagian orang, sinyal tanda tuberculosis atau tbc yang amat mudah dikenali yakni batuk-batuk. walau sesungguhnya ada banyak sinyal tanda yang lain, layaknya nafsu makan berkurang dan nyeri punggung apabila infeksinya sudah mulai menyerang tulang.

gejala-gejala tersebut terlihat waktu status infeksinya yakni tb aktif, yakni sudah menyebabkan sakit. di dalam banyak masalah, infeksi tbc ( yang resminya disingkat tb ) tidak selalu menyebabkan sakit sampai tidak memunculkan sinyal tanda diberi nama tb laten.

ciri ciri sudah terinfeksi tbc sebagai berikut.
Batuk kronis

sebagian dokter menganjurkan, batuk yang tidak sembuh hingga 2 pekan harus segera dibawa karena senantiasa ada kemungkinan tertular tbc. batuk karena infeksi tbc biasanya diimbangi dahak kental, kadang-kadang juga ada bercak darah bila infeksinya sudah mulai kritis.

demam

seluruh jenis infeksi umumnya ditandai ada demam atau peningkatan suhu tubuh, yang bermakna sistem kekebalan tubuh sedang berusaha memerangi kuman. infeksi tbc juga menyebabkan demam yang kadang-kadang diimbangi menggigil dan keringat dingin.

berat badan turun

biasanya pengidap tbc mengeluhkan hilangnya nafsu makan selama berhari-hari. dampaknya yang bisa segera dipandang penurunan berat badan dengan mencolok, sebagai salahsatu tanda-tanda amat khas pada infeksi tbc di paru-paru.

sesak napas

infeksi kuman tbc di paru-paru maupun saluran yang terhubung ke sana sangat merubah sistem pernapasan. kondisi ini dapat memunculkan sinyal tanda sesak napas diimbangi nyeri dada, lalu apabila dipindai dengan rontgen maka bisa tampak ada flek yang mengisyaratkan ada rusaknya di jaringan paru.

lemas dan cepat letih

manfaat sistem pernapasan berkurang karena jaringan paru-paru alami rusaknya, ditambah nafsu makan berkurang maka selanjutnya jadi lemas dan cepat letih. pengidap tbc umumnya tampak lesu, sedikit-sedikit mengeluh kelelahan masing-masing sedang beraktivitas.

diperkirakan 15 persen pengidap tbc juga alami infeksi di luar jaringan paru-paru, diantaranya di jaringan tulang punggung dengan sinyal tanda khas berupa nyeri punggung. kurang lebih 25 persen dari jenis tbc yang disebut tb extrapulmonary ini berawal dari tbc paru yang tidak terobati dengan baik.

demikianlah tersebut beberapa tanda penyakit tbc yang dapat kita tengok atau rasakan sendiri, walau terkadang untuk sebagian masalah tb juga jarang ditemukan tanda-tanda spesial layaknya di atas, hingga terkadang penanganannya sedikit terlambat. segera kerjakan langkah penyembuhan tbc yang safe serta efisien untuk menangani penyakit tuberculosis ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...